Cara Mudah Menghafal surat dalam Al Quran

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh..

Ada banyak cara untuk dapat menghafal Al-Quran, sobat tinggal mencari di google metode "terbaik" dalam menghafal al-Quran. Adapun postingan kali ini Zazuly's Blog akan membahas tips bagaimana cara "termudah" dalam menghafal surat-surat dalam Al-Quran hususnya bagi para pekerja yang sibuk, yang tidak menghususkan diri. Metode ini tidak hanya efektif dalam menghafal tetapi juga berakibat baik terhadap kebiasaan mendengarkan musik dan menggantinya dengan lantunan ayat-ayat suci Al-Quran.


Cara paling mudah bagaimana menghafal surah-surah dalam al-Quran, yakni dengan mendengarkan berulang-ulang surah apa yang ingin sobat hafal.

Sebelumnya, sobat pilih dahulu suara siapa yang ingin sobat dengar murottalnya.. Misalnya syaikh Mishari Rasyid, Syaikh as-Sudais, syaikh al-Kanderi, Abu Usamah, atau lainnya yang sobat inginkan. Setelah mendapatkan suara yang paling nyaman menurut sobat, maka silakan mendengar terus-menerus dari murottal tersebut dengan menggunakan earphone, bisa sambil bekerja di kantor atau saat lagi santai di rumah.

Misalnya, sobat ingin hafal surah ar-Rahman surat ke 55, maka teruslah sobat ulang surah tersebut sampai lebih dari 10 kali perhari. Maka di hari ketiga sobat sudah mendengarnya selama 30x. Jika lebih dari itu lebih baik, lalu mulai lah sobat menghafal surat tersebut menggunakan mushaf.

Mushaf al-Quran yang jadi panduannya jangan sobat ganti-ganti, misalnya menggunakan al-Quran terbitan "syamil al-Quran" maka teruslah menggunakan mushaf itu, karena dapat memudahkan sobat mengingat letak ayat-ayat dan surahnya jika telah banyak surah yang dihafal.

Ketika telah lebih dari 30x sobat mendengar murottal surat A-Rahman, maka tentu sudah ada ayat tertentu yang secara reflek sobat ingat. Itu sangat memudahkan sobat menghafal surat tersebut.

Selain itu perhatikan juga arti dari tiap ayat surat ar-Rahman yang dihafal karena itu juga memudahkan kita dalam mengingatnya. Ketika sudah sering mendengar dan juga memperhatikan arti tiap ayatnya, maka tidak akan lama sobat insya Allah sudah bisa hafal surat ar-rahman tersebut. Dan tidak perlu menghabiskan waktu yang banyak jika sobat seorang yang sibuk, di sela-sela saat bekerja pun dengan mudah bisa kita lakukan, insya Allah, asal niatnya ikhlas dan konsisten, karena surah ar-Rahman ada 78 ayat, maka sekiranya paling sedikit sobat hafal 5 ayat dalam sehari, maka dalam waktu 15 hari sobat sudah hafal surat tersebut.

Lalu untuk memperlancar hafalan, sobat bisa terus mendengarkan murottal-nya, lalu ketika lagi dijalan sobat bisa muroja'ah (mengulang) hafalan, apakah sedang dalam mobil atau sedang di atas motor, bisa sobat lakukan.

oke sekian dulu posting kali ini semoga membantu.

1 komentar:

H5
Terima kasih ilmunya

Reply

Post a Comment

Terimakasih telah membaca artikel di Blog ini. Silahkan komentar untuk membuat Blog ini lebih sempurna. Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan baku dan jangan melakukan spamming! ^_^