Cara Setting Path GCC (MinGw)

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh...


Sobat Zazuly's Blog, saya akan membahas Cara Setting Path mingw (gcc) pada Windows, agar kita bisa compile Source Code C/C++ dari CMD. Silahkan, sobat Download dulu mingw nya disini. perlu diingat sob, untuk menginstall mingw diperlukan koneksi ke internet, atau sobat bisa Download C free 5 Disini. Jika sobat sudah menginstal C free, tak perlu lagi mendownload mingw nya, karena sudah ada pada folder C free. Oke, Silahkan download mingw nya dan install seperti biasanya.
 
setelah itu ikuti langkah berikut
  • Cari Folder mingw pada windows explorer, disini saya menginstall mingw pada direktori C:\Program Files\Mingw, next sobat masuk ke folder bin, lalu Copy alamat path nya.
 Cara Setting Path GCC


  • Buka properties Pada My Computer
Cara Setting Path GCC
  • Pada tab Advanced Klik  Environment Variables
Cara Setting Path GCC


  • Klik ganda atau klik edit pada Path, lihat gambar berikut.


cara setting gcc mingw pada cmd


  • Tempatkan cursor sobat ke bagian paling belakang. Lalu tambahkan tanda titik koma ( ; ) pada bagian paling belakang, dan jika dibagian sudah ada titik koma ( ; ) maka tidak perlu ditambahkan lagi. jika dibagian baling belakang ada karakter lain selain titik koma, misal titik ( . ) atau karakter lain, sobat silahkan hapus karaker itu dan ganti dengan titik koma ( ; ). pokoknya dibelakang sendiri haruslah karakter titik koma, karena untuk memisahkan dengan path windows yang lain.


cara setting gcc mingw pada cmd


  • Paste kan Alamat / Path nya. dan tambahkan tiitk koma ( ; ) dibagian paling belakang pada path tersebut. Klik Ok semuanya.
 cara setting gcc mingw pada cmd
  • Sobat Buka CMD atau Command Prompt, ketikkan " gcc " atau " g++ " dan tekan enter. 
 cara setting gcc mingw pada cmd
  • Jika Tampilannya sudah seperti diatas. muncul kalimat berikut " gcc: no input files " atau " g++: no input files ". berarti sudah berhasil. dan selesai. jika tidak muncul seperti kalimat diatas, berarti belum berhasil, dan coba diulangi dari awal.

 nb: jika sobat sudah pernah menginstall C free, sobat buka tempat folder C free terinstall misal pada direktori C:\Program Files\C-Free 5\  masuk pada folder mingw, lalu masuk lagi pada folder bin, Copy kan alamat / path nya. misal C:\Program Files\C-Free 5\mingw\bin dan lakukan seperti cara diatas. 

Cukup sampai disini dulu posting dari Zazuly's Blog  tentang Cara Setting Path mingw (gcc). selamat mencoba dan semoga berhasil.

Post a Comment

Terimakasih telah membaca artikel di Blog ini. Silahkan komentar untuk membuat Blog ini lebih sempurna. Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan baku dan jangan melakukan spamming! ^_^