Mengenal beberapa jenis penyakit mata yang lain

Jenis penyakit mata

penyakit mata

Kesehatan mata adalah bagian penting dari keseluruhan kesehatan tubuh manusia. Hal ini dikarenakan mata adalah organ vital yang sangat mempengaruhi hidup manusia. Dengan mata manusia dapat melihat dan menikmati keindahan dunia yang tampak. Mata juga merupakan media manusia untuk beraktivitas. Jika tanpa mata, manusia akan sulit bergerak, meskipun bisa namun tidak seleluasa dengan orang yang memiliki mata. Oleh karena itu kita jangan sekali-sekali meremehkan kesehatan mata. Seperti bagian tubuh yang lain, mata dapat terkena penyakit. Bahkan mata adalah organ yang cukup rawan terkena penyakit karena letaknya ada di luar. Penyakit mata ini ada yang ringan ada yang sampai berat dan menyakitkan. Namun seringan apapun penyakit mata tetap tidak boleh kita sepelekan karena tetap saja mengakibatkan ketidaknyamanan pada mata kita.

Nah sobat Zazuli's Blog ,Beberapa jenis penyakit mata yang sering menyerang manusia antara lain:

  1. Ablasio

Ablasio adalah penyakit yang disebabkan oleh bagian retina sensoris terlepas dari bagian epitel pigmen retina. Penyakit ini diakibatkan oleh timbulnya satu atau beberap bagian yang robek atau munul berlubang pada bagian retina. Hal ini sering disebut sebagai ablasio retina regmatogen. Penyakit ini ditandai dengan penderita yang melihat benda melayang seperti bayangan, cahaya yang melesat seperti kilat dan penurunan ketajaman penglihatan.

  1. Bufthalmus

Penyakit ini merupakan kondisi yang muncul seja lahir karena tekanan bola mata yang meninggi. Kondisi ini mengakibatkan ukuran bola mata seorang bayi menjadi lebih besar. Bagian yang mendapatkan gangguan dari kondisi ini adalah kornea mata. Dengan gangguan ini penderita menjadi tidak tahan terhadap cahaya dan muncul gangguan kelopak mata yang diiringi pembengkakan kornea. Pengobatannya adalah dengan mengeluarkan cairan dari dalam bola mata secepat mungkin supaya penglihatan anak tidak terganggu.

  1. Blefaritis

Penyakit ini disebabkan adanya peradangan di bagian kelopak mata. Peradangan ini terjadi karena produksi minyak berlebih di bagian tersebut. Belum ada penelitian yang mampu mengungkap penyebab produksi minyak berlebih di daerah tersebut. Proses produksi minyak tersebut ada di bagian yang dekat dengan kelopak mata, sehingga rawan infeksi bakteri dan jamur. Penderita blefaritis ini akan mengalami mata merah, nyeri, panas dan gatal berair serta luka pada kelopak mata hingga pembengkakan. Beberapa penderita ada yang bulu matanya rontok.

  1. Endoftalmitis

Penyakit ini adalah penyakit yang ditimbulkan akibat adanya infeksi pada lapisan mata bagian dalam yang menyebabkan adanya nanah di bagian bola mata. Gejala penyakit ini pada awalnya adalah mata merah serta rasa nyeri dan gangguan penglihatan. Penyakit ini disebabkan karena adanya benda asing yang tajam yang menggores mata. Infeksi semacam ini cukup berbahaya sehingga harus segera ditangani karena dapat menyebabkan bola mata rusak yang menggiring pada kebutaan permanen pada penderitanya.
Seperti apapun gangguan mata yang kita alami, ada baiknya segera memeriksakan diri kepada dokter. Lebih baik kehilangan beberapa ratus ribu rupiah daripada kehilangan mata, satu-satunya organ yang digunakan sebegai organ penglihatan kita. Semoga artikel ini bermanfaat
Source : (http://ridwanaz.com/kesehatan/mengenal-beberapa-jenis-penyakit-mata-yang-lain/)