Pakaian Astronot NASA Mirip Kostum Toy Story


detail berita

CALIFORNIA - Badan antariksa Amerika Serikat, National Aeronautics and Space Administration (NASA) kabarnya tengah mengusung purwarupa untuk spacesuit atau pakaian angkasawan baru. Sekilas, tampilan busana astronot ini mirip dengan Buzz Lightyear dalam film animasi Toy Story.

Dilansir MSN, Jumat (21/12/2012), pakaian angkasawan ini mengedepankan fleksibilitas, yang dibalut dengan warna putih serta hijau muda. Busana tersebut, yang dikenal dengan kode nama Z-1, dirancang tidak hanya memberikan kenyamanan bagi astronot, tetapi juga memungkinkan baginya untuk lebih lincah bermanuver ketika berada di luar angkasa.

Selain itu, pakaian luar angkasa ini juga mampu memberikan keleluasaan ketika bergerak, serta lebih gesit ketika berjalan di permukaan planet. Pakaian antariksa yang digunakan saat ini, dikenal dengan nama EMU (Extravehicular Mobility Unit), yang didesain untuk membantu pekerjaan di International Space Station (ISS).

NASA merancang Z-1 untuk dapat mendukung astronot ketika berada dalam misi luar angkasa. Jika astronot di luncurkan ke asteroid atau Mars, NASA ingin memastikan bahwa astronot tersebut terlindungi dari radiasi latar belakang serta masih dapat bergerak ke sekitar permukaan planet.

Amy Ross, insinyur NASA yang mengembangkan pakaian angkasawan terbaru ini mengatakan, salah satu perbedaan besar ialah dalam segi kepraktisan ketika mengenakan Z-1 ketimbang EMU. "Kami pikir ini akan mengurangi terhadap cedera. Khususnya, cedera bahu, di mana ini bisa terjadi dengan metode EMU," jelasnya.

NASA juga sedang mengembangkan backpack pendukung astronot yang dinamakan PLSS 2.0, sehingga memungkinkan astronot untuk berada lebih lama di luar angkasa (spacewalks). Kabarnya, Z-1 akan menjadi pakaian angkasawan yang resmi dikenakan astronot NASA untuk misi luar angkasa di 2015. (fmh)

Sumber: (okezone)

Post a Comment

Terimakasih telah membaca artikel di Blog ini. Silahkan komentar untuk membuat Blog ini lebih sempurna. Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan baku dan jangan melakukan spamming! ^_^