Artikel - "San" Apa Kabar?

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh...

Di dalam hubungan sosial saling hormat menghormati adalah hal yang utama. Hal tersebut bisa kita rasakan dari cara memanggil seseorang kepada orang lain. Memanggil seseorang dengan sebutan mas/mba/ibu/pak dsb di belakang nama merupakan salah satu cara bagaimana kita menghormati seseorang. Lalu bagaimana dengan orang Jepang ya?

Dalam budaya Jepang juga sama, mereka menggunakan kata tertentu di belakang nama pada saat menyebutkan nama orang lain. Bagi kamu yang belajar bahasa jepang tentu sudah umum dengan kata “san”. Kata tersebut digunakan ketika menyebutkan nama seseorang untuk memberikan kesan hormat. Dalam bahasa Indonesia kata ini bisa saja saja diterjemahkan mas, mba, ibu, pak dsb.

Bagi saya yang sudah cukup lama bergelut di bidang pengajaran bhs Jepang menganggap kata ini sudah sangat umum sekali. Bahkan kadang-kadang saya menyebutkan nama seseorang + san dengan siapapun tidak peduli dia mengerti bahasa Jepang atau tidak. Pada saat mendengar kata san, banyak yang dari mereka bertanya “san itu apa sih”? Saya jawab san itu mas/mba/pak/ibu dsb. Sekarang banyak sekali dari mereka yang memanggil saya dengan kata “san” tanpa menyebutkan nama saya. Hallo SAN apa kabar? SAN lagi sibuk ngak? Dsb。

Hmmm... keliatannya ada yang kurang dari penjelasan saya.. ^_^
Berikut adalah beberapa akhiran yang umum digunakan di belakang nama orang lain disertai maknanya:

1. ~SAN (さん)
Kata ini paling umum digunakan karena bisa ditujukan baik untuk laki-laki maupun perempuan.

2. ~KUN (訓)
Biasanya ditujukan kepada anak kecil/remaja laki-laki yang lebih junior/muda dari yang memanggil. Sering juga digunakan oleh wanita kepada laki-laki dewasa yang mempunyai kedekatan emosi (biasanya pasangan) atau sudah mengenal lama/akrab.

3. ~CHAN (ちゃん)
Digunakan kepada anak kecil/remaja wanita yang lebih junior/muda dari yang memanggil.

4. ~SAMA (様)
Adalah panggilan kehormatan. Biasanya nama yang disandingkan dengan ~SAMA adalah orang yang sangat kita hormati. Bisa kepada orang yang tingkatan jabatan/sosialnya jauh diatas kita, atau kepada orang yang sangat berjasa pada kehidupan kita.

* Jangan lupa untuk menyebutkan nama + san/kun/chan/sama ya...

Prev(Artikel - Ungakapan Kangen)
Next(Artikel - Have a nice Trip)

Ke Materi Awal

Source: ( http://www.freejapanese.org/media.php?module=detailmateri&id=114 )

Post a Comment

Terimakasih telah membaca artikel di Blog ini. Silahkan komentar untuk membuat Blog ini lebih sempurna. Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan baku dan jangan melakukan spamming! ^_^