Cara Memulai Blog Dengan Benar

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh...


Cara Memulai Blog Dengan Baik dan Benar

Zazuli's BlogBagaimana cara memulai blog dengan benar? mungkin pertanyaan ini sering kita dengar. Dan kebanyakan orang memulai Blognya dengan keliru dan pada akhirnya tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Peringkat SERP mereka pada Search Engine, terutama Google tidak membaik sama sekali, bahkan keindeks saja enggak. Mengapa bisa seperti itu?, nah kali ini kita akan membahasnya disini tentang Bagaimana cara memulai blog dengan benar menurut SEO, artikel ini saya sarikan dari Blognya Mas Ricky.

Seperti kata mas Ricky, membuat Blog yang cantik adalah perkara gampang, cukup belajar 1-2 bulan kita pasti sudah menguasainya, bahkan bisa kurang dari itu. Tapi? ada tapinya nih, membuat Blog yang banyak dikunjungi dan Trafficnya bagus adalah perkara yang lain. Banyak Blogger-blogger yang berhenti ditengah jalan, karena tidak memahaminya. Bahkan ada yang  bertahun-tahun blogging belum memahaminya juga.


Berikut adalah cara memulai Blog dengan baik dan benar.



1. Pilih Tema Blog Yang Dikuasai

Ini adalah point penting yang pertama, pilihlah tema blog sesuai dengan apa yang sobat kuasai, kenapa? Karena internet adalah tempat yang dikunjungi oleh banyak orang untuk mencari informasi. Apakah sobat menyukai blog yang isinya hanya sekedar basa-basi dan tidak bermutu dengan pembahasan yang dangkal dan tidak memuaskan apa yang sobat cari?

Akan sangat buruk bila pengunjung dengan cepat menutup halaman blog kita. Kenapa? Karena search engine yang merekomendasikan blog kita akan melihat itu sebagai indikator rendahnya kualitas isi blog.

Jika search engine besar seperti Google saja sudah membenci blog kita, maka jangan berharap blog kita bakalan ramai. Untuk menghindari hal semacam ini, maka kita harus mampu menulis artikel yang bermanfaat bagi pengunjung. Dan untuk mampu menulis artikel yang bermanfaat, maka sobat harus menguasai topik dari artikel tersebut. Khusus seperti blog saya ini, Blog yang isinya campur-campur dan banyak artikelnya yang bersumber dari blog lain juga tema-nya yang saya sendirisaja tidak tahu, hehe, Blog ini khusus untuk Sekedar sharing saja, dari ilmu yang saya dapatkan. yah sukur-sukur banyak pisitor.

Perlu dicatat: Blogger pemula hendak memulai sebuah blog baru dengan topik yang dirasanya paling menguntungkan dan mahal (motifasinya mencari duit) padahal dia tidak menguasai topik itu, tidak juga menguasai SEO dan hal-hal lain yang diperlukan. Maka jadilah blognya seperti anak bayi yang memasuki arena gladiator, tewas sebelum sempat menangis. Jangankan masuk 10 halaman pertama (100 hasil pencarian teratas),....blognya terindeks saja tidak.

 2. Pilih Domain Gratisan atau Berbayar?


Setelah memilih tema dari blog sobat, sekarang saatnya untuk memilih apakah akan membuat blog dengan domain gratisan atau yang berbayar. Ini penting karena kebanyakan domain yang berbayar lebih menguasai keyword/ kata kunci dibandingkan dengan domain blog gratisan seperti blog saya ini yang masih menggunakan domain blogspot-nya Google.

Biasanya domain blogspot.com akan kesulitan untuk bersaing dengan domain .com, dan jika ada blog dengan domain blogspot.com yang menempati halaman pertama pada Search Engine maka domain blogspot.com dari blog-blog lain akan kesulitan menempati halaman pertama pada SERP. Tapi saya tidak menyarankan sobat untuk mengganti domain blog sobat dengan domain .com atau .net dsb, itu tergantung kondisi keuangan sobat, karena domain seperti itu harganya lumayan mahal. Saya sendiri memilih tetap menggunakan domain asal blogspot.com dengan alasan keuangan, dan saya juga masih perlu banyak belajar.



3. Lakukanlah Riset Kata Kunci (Keyword)!


Jika sobat ingin blog sobat ditemukan oleh banyak orang melalui mesin pencari, maka yang harus dilakukan adalah melakukan riset kata kunci apa saja yang sobat tekankan dari blog tersebut. Lakukanlah 3 riset berikut:
  1. Kata kunci apa saja yang banyak dicari oleh orang yang berkaitan dengan tema tersebut? 
  2. Kata kunci apa yang memiliki nilai keuntungan(profit) yang besar *jika sobat menggunakan adsense*? 
  3. Dan lihat bagaimana persaingan dari kata kunci itu sendiri? 

Kita akan sangat beruntung jika bias menemukan kata kunci yang banyak dicari orang tapi kompetitornya sedikit. Seperti kata Mas Ricky kata kunci yang baik yang akan diriset sebaiknya kata kunci yang terdiri dari 5 kata atau lebih. Contoh : Service Termurah Komputer dan Laptop Area Yogyakarta”.

Kenapa harus 5 atau lebih? Karena yang 4 kata atau kurang dari itu adalah jatahnya website yang bereputasi dan sudah berumur 2 sampai 5 tahun. Blog sobat kan baru saja dibangun maka, akan kesulitan untuk bersaing. Kecuali sobat mau menghabiskan waktu, uang dan tenaga :D. Mas Ricky : dalam dunia online memang ada senioritas, jadi sobat sebaiknya mempelajari bagaimana memilih kata kunci yang tepat sasaran.



4. Pilihlah Domain yang Bermanfaat dan Jangan Asal!


Sobat harus berhati hati dalam memilih nama domain. Apalagi kita sudah membayarnya dengan mahal untuk sebuah domain. Ini penting karena karena domain bias sangat membantu blog kita untuk berada dihalaman SERP pertama dari kata kunci yang dipilih.
Catatan dari mas Ricky: “Jangan memilih nama domain yang tidak jelas seperti kampret.com atau domain yang tidak jelas lainnya dengan alasan ingin meniru Google.com ataupun Yahoo.com. Mereka memilih nama domain tersebut untuk alasan trademark dan bukan dengan tujuan supaya lebih mudah ter-indeks.

Tapi jika sobat memilih domain dengan alasan “trademark” maka silahkan persiapkan dana yang besar untuk mempromosikan merk sobat.

Demikianlah artikel singkat ini, semoga bisa membantu sobat dalam membuat blog yang benar. Juga saya ucapkan terimakasih untuk Mas Ricky atas artikel-artikel SEO nya selama ini, yang sangat membantu saya dalam membuat Blog.

Terimakasih dan Semoga Bermanfaat


Source

3 komentar

thanks atas share infonya bro...apalagiblog erik masihperlu panduannya..segera diterapkan kang

Reply

Ternyata banyak juga ya sob, hal-hal yang harus diperhatikan dalam Memulai Blog Baru, dan terimakasih banyak sudah mau berbagi sobat.

Reply

Post a Comment

Terimakasih telah membaca artikel di Blog ini. Silahkan komentar untuk membuat Blog ini lebih sempurna. Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan baku dan jangan melakukan spamming! ^_^