Sriwijaya FC menang 4-1 atas Persija

 Sriwijaya FC menang 4-1 atas Persija

Palembang  (Antara Sumsel) - Sriwijaya Football Club mempecundangi tamunya Persija Jakarta pada pertandingan Liga Super Indonesia 2013  dengan skor 4-1 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sabtu malam.

Kemenangan perdana musim ini itu berkat penampilan gemilang penyerang Boakay Eddy Foday yang mencetak tiga gol pada menit ke-44, menit ke-63, dan menit ke-80. Sedangkan, satu gol berikutnyo dilesakkan Hilton Moreira pada menit 46.

Gol tunggal lawan sendiri melalui Rahmat Affandi pada menit ke-40. Kedua tim membuka permainan dengan menyuguhkan tempo cepat.

Pertandingan baru berselang empat menit, wasit Handry Cristanto memberikan kartu kuning kepada pemain Sriwijaya FC Taufik Kasrun yang menjegal keras Park Ming.

"Laskar Wong Kito" berupaya mengendalikan permainan dengan mengepung lini pertahanan Persija. Kondisi itu memaksa tim tamu cenderung bertahan dengan menumpuk pemain pada lini belakang. 

Sepuluh menit berselang, gelandang Sriwijaya FC Ramdani Lestaluhu berinisiatif menyusur ke tengah lapangan untuk menembus areal kotak penalti. Namun, bola hasil tendangan kerasnya mampu dihalau penjaga gawang Galih Sudaryono.

Semangat pemain muda itu, juga diikuti Eddy Foday Boakay yang melesakkan bola satu menit kemudian. Akan tetapi, tembakan langsungnya itu masih terbaca penjaga gawang.

Penerapan pola satu dua sempat disuguhkan tiga pemain andalan Sriwijaya FC pada menit ke-13, ketika bola umpan dari Foday langsung disambut Tantan dan dikirimkan ke Ramdani, namun peluang emas di kotak penalti itu kembali tersia-sia karena reaksi cepat Galih.

Tak mau ketinggalan, pemain Persija Ismed Sofyan juga berupaya menembus pertahanan Sriwijaya FC dari sisi sayap pada menit ke-26. Namun, pergerakan cepat pemain senior itu mampu ditutup pemain belakang tuan rumah.

Menit ke-30, pelatih Sriwijaya FC Kas Hartadi menarik Taufik Kasrun yang mengalami cedera dan memasukkan Dodok Anang.

Fokus menyerang, membuat barisan pertahanan tuan rumah lengah pada menit 40. Melalui skema serangan balik, Rahmat Affandi menjebol gawang Sriwijaya FC setelah memaksimalkan umpan Fabiano. Aksi individunya dalam mengelabui Dodok Anang membawa Persija unggul lebih dahulu dari tuan rumah. Skor pun berubah 1-0 untuk "Macan Kemayoran", julukan Persija.

Menit ke-44, puluhan ribu penonton pendukung Sriwijaya FC yang memadati stadion langsung bersorak setelah Hillton Moreira menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Tanpa diduga tendangan mendatar pemain asal Brazil itu membuat bola melintir diatas tanah dan bergulir masuk ke gawang meski sempat tertepis Galih.

Kedudukan imbang 1-1 itu bertahan hingga turun minum. Pertandingan baru berselang satu menit, Foday berhasil membawa "Laskar Wong Kito" unggul setelah mengoptimalkan umpan silang dari Sultan Samma. Sundulan mantan pemain Persiwa itu tak mampu dibaca Galih. Kedudukan berubah 2-1 untuk
Sriwijaya FC.

Mampu membalik keadaan membuat membuat skuat tim asal Sumsel itu semakin tampil percaya diri.  Menit ke-63, kembali Foday mencetak gol dengan menerapkan pola satu dua.

Bermula dari umpan Tantan ke Foday yang kemudian mengirimkan ke Ramdani. Bermaksud mengelabui, Ramdani memberikan kembali ke Foday yang langsung berinisiatif mengeksekusi bola. Kedudukan berubah 3-1 untuk tim juara liga musim lalu ini.  Menit 77, Abdurahman diganjar kartu kuning. 

Persija kembali terbungkam setelah Foday mencetak gol ketiganya pada menit 80 melalui tendangan keras dari tengah lapangan. Sriwijaya FC kembali unggul dan membukukan skor akhir pertandingan menjadi 4-1.

"Kami akui Sriwijaya FC tampil bagus malam ini. Memang sejak awal babak sudah terlihat mendominasi permainan. Persija kurang persiapan musim ini dan masih mencari formasi terbaik," kata pelatih Persija Iwan Setiawan.

Sementara, pelatih Sriwijaya FC Kas Hartadi mengatakan kemenangan ini sangat berarti bagi tim yang sempat terpuruk akibat dua kekalahan pada pertandingan sebelumnya.

"Harapannya semoga kemenangan ini menjadi kebangkitan tim," katanya.

Susunan Pemain
Sriwijaya FC
Penjaga Gawang : Ferry Rotinsulu, Pemain Belakang ; Fandy Muchtar, Ahmad Jufrianto, Abdurahman, Taufik Kasrun, Pemain Tengah ; Ponaryo Astaman (c), Boakay Eddy Foday, Hilton Moreira, Sultan Samma, Pemain Depan ; Ramdani Lestaluhu (Fahruddin menit ke-69), Tantan. Pelatih : Kas Hartadi

Persija Jakarta
Penjaga Gawang : Galih Sudaryono, Pemain Belakang ; Amarzukih, Syarizal, Fabiano Beltrame (c), Ismed Sofyan, Pemain Tengah ; Syaroni, Robertino Puligara (Defri Risky menit 67), Park Kyeong Ming (Rudi Setiawan menit 78), Rahmat Affandi, Pemain Depan: Anindito Wahyu, Pedro Javier. Pelatih : Iwan Setiawan
(Dolly

Source : ( http://sumsel.antaranews.com/berita/270894/sriwijaya-fc-pecundangi-persija-4-1 )

Post a Comment

Terimakasih telah membaca artikel di Blog ini. Silahkan komentar untuk membuat Blog ini lebih sempurna. Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan baku dan jangan melakukan spamming! ^_^