Artikel - Tips Belajar Bahasa Jepang

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh...

Bagi kamu yang baru akan Belajar Bahasa Jepang mungkin bertanya-tanya bagaimana sih Belajar Bahasa Jepang yang efektif? Pada postingan kali ini, saya akan berbagi sedikit mengenai tips Belajar Bahasa Jepang yang efektif.


1. Cari Tau Motivasi Belajar Kamu


Hal pertama yang perlu kamu ketahui sebelum Belajar Bahasa Jepang adalah motifasi kamu dalam mempelajari Bahasa Jepang. Kenapa sih saya harus Belajar Bahasa Jepang? Untuk apa? Apa keuntungannya buat saya? Ya hal tersebut harus bisa kamu jawab, karena mempelajari Bahasa Jepang butuh komitment waktu yang cukup lama.

2. Ketahui Kebutuhan Bahasa Jepang Kamu


Hal ini perlu kamu ketahui sebab jangan sampai kamu salah dalam menetapkan prioritas belajar kamu. Intinya adalah kamu belajar apa yang kamu butuhkan/sukai terlebih dahulu.

3. Mulailah Dari Ungkapan Bahasa Jepang


Bagi kamu yang baru memulai Belajar Bahasa Jepang, saya menyarankan untuk memulai dengan ungkapan-ungkapan Bahasa Jepang. Kenapa? Ada beberapa alasan.

  1. Kamu tidak perlu mempelajari tata-bahasanya.
  2. Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa yang kaya dengan ungkapan.
  3. Bisa langsung dipraktekan di kehidupan sehari-hari.
  4. Menambah kepercayaan diri kamu dalam mempelajari bahasa Jepang lebih dalam.

4. Buat Target


Target sangat penting dalam memacu belajar kamu. Namun harus diingat, buat target yang sesuai dengan kemampuan kita. Kalau setiap harinya kita bisa penuhi target tersebut, pasti kita akan lebih bersemangat dalam mempelajarinya. Cobalah kamu sisihkan waktu 30-60 menit/hari secara rutin untuk Belajar Bahasa Jepang.

5. Jangan Berlebihan


Lebih baik belajar 30 menit/hari, dari pada 2 jam tapi hanya seminggu sekali. Atau lebih baik menghafal 5 kata atau ungkapan/hari daripada 30 kata sehari. Jangan paksakan otak kita untuk memasukan terlalu banyak informasi dalam satu waktu.

6. Perbanyak Kosakata


Untuk dapat mengungkapkan apa yang ingin kamu utarakan sudah tentu dibutuhkan banyak kosakata. Ibarat sebuah bangunan, kosakata adalah bahan baku dan tata-bahasa adalah designernya. Jadi untuk bisa melakukan percakapan dengan baik dan benar, kita harus menggabungkan 2 point tadi, yaitu: kosakata dan tata-bahasa.

Dalam mempelajari kosakata kamu pun harus berhati-hati, usahakan untuk menyingkirkan kosakata yang jarang kamu gunakan. Misalnya kata “obeng” tentu kamu tidak perlu menghafalkan kata tersebut kecuali kamu adalah seorang montir. Intinya adalah kamu harus memilih kosakata yang benar-benar sering digunakan.

7. Nonton Dorama & Dengarkan Lagu Jepang


Kamu suka dengan drama Jepang? Kalau iya, kamu sangat beruntung. Kenapa? Menonton film Jepang merupakan cara yang paling efektif untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Jepang kamu. Pastikan kamu menghafal ungkapan atau dialog-dialog singkat yang ada di drama atau film tersebut. Jangan khawatir apabila kamu tidak mengerti apa yang diucapkan, coba dan cobalah terus karena semua itu memang membutuhkan waktu dan proses.

8. Dengarkan Lagu Jepang


Selain dorama jepang, mengkonsumsi lagu-lagu jepang juga salah satu metode jitu untuk melatih kemampuan pendengaran dan meningkatkan perbendaharaan kosakata Bahasa Jepang kamu. Membuka kamus pada saat menemukan kosakata yang tidak kamu fahami dalam lagu tersebut juga akan membuat kosakata bahasa Jepang kamu semakin banyak.

9. Belajar dari Internet


Ada puluhan, ratusan atau bahkan ribuan website/blog Belajar Bahasa Jepang yang mencoba untuk membagi-bagikan ilmu secara gratis melalui internet. Di sini kamu tinggal meluangkan waktu untuk mencari web yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Bahasa Jepang kamu.

10. Ikut Komunitas Belajar Bahasa Jepang


Dalam era informasi sekarang ini, media pembelajaran tidak terbatas pada media buku saja, akan tetapi bisa juga dilakukan dengan bergabung dengan komunitas pembelajar bahasa jepang yang saat ini cukup marak.

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti grup-grup tersebut. Selain bisa melatih kemampuan berbahasa jepang, kamu juga bisa mendapatkan teman yang mempunyai minat sama. Bagi kamu yang tertarik untuk bergabung salah satu grup belajar bahasa jepang silakan klik "Belajar Bahasa Jepang di Facebook".

11. Mengikuti Kursus Bahasa Jepang


Ini mungkin cara terbaik untuk menguasai bahasa Jepang lebih cepat. Memang ada biaya yang harus dikeluarkan, namun hasilnya akan jauh berbeda dengan kamu yang hanya belajar secara mandiri. Tertarik kursus Bahasa Jepang? Saya merekomendasikan kamu untuk belajar di "Ganbaruzo Nihongo Koosu", baik secara langsung maupun online. Untuk melihat program kursusnya silakan lihat di sini: "Kursus Bahasa Jepang".

Source: ( http://www.freejapanese.org/media.php?module=detailmateri&id=116 ) 

2 komentar

Post a Comment

Terimakasih telah membaca artikel di Blog ini. Silahkan komentar untuk membuat Blog ini lebih sempurna. Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan baku dan jangan melakukan spamming! ^_^