Cara Mempercepat Koneksi Internet Yang Lambat

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh...

Cara Mempercepat Koneksi Internet Yang Lambat

Zazuli's Blog - Haduhh sudah lama gak update ini blog, tiap update pasti cuma 1 posting, itupun postingan yang nggak penting haha. Akhir akhir ini saya memang males banget buat update di blog ini, sebabnya sih banyak, pertama karena tugas kuliah yang numpuk, kedua karena lagi males ngeblog, trus yang terakhir karena koneksi internet modem saya lambaaaatttt banget. Ngomong ngomong soal koneksi nih,, pernahkan sobat mengalami koneksi internet sobat yang terasa lambat banget? kalo sama berarti kita senasib. HAHA :D.


Seperti yang saya tadi bilang kalo akhir-akhir ini Koneksi internet yang saya pakai Sudah semakin menjengkelkan, awalnya saya pake provider Sm*rtfr*n, koneksinya sih lumayan kenceng buat donlot bergiga-giga juga sanggup, tapi setelah saya itung itung harganya lumayan mahal untuk kantong mahasiswa seperti saya :D. Akhirnya saya memutuskan untuk pindah ke Fl*xi, yang katanya koneksinya ngebut tapi nggak pake mahal karena perbulannya cuma 35 ribu, asal pake paket pelajar/ mahasiswa. Tapi, setelah saya pindah ke provider ini kenyataannya malah sebaliknya, Lemot tuennan tur njengkelinn, makanya saya jadi males nge-blog. Dan postingan malam ini berkaitan tentang koneksi yang lambat, dan cara mempercepatnya.

Nah berikut ini ada beberapa tips dan trik mengenai cara mempercepat koneksi internet :

1. Standarnya Windows membatasi 20% Bandwith.

Lalu bagaimana mensiasatinya? ok tanpa banyak basa-basi langsung praktek aja ya :)

Pertama-tama klik Start >> Run >> ketikkan gpedit.msc

Buka "Local Computer Policy >> Computer Configuration >> Administrative Templates >> Network >> QOS Packet Scheduler >> Limit Reservable Bandwidth"

Double click pada Limit Reservable Bandwidth. Disana ditunjukkan bahwa string ini belum diatur (not configured), pada tab Explain ada penjelasan :

“By default, the Packet Scheduler limits the system to 20 percent of the bandwidth of a connection, but you can use this setting to override the default.”

Jadi Trik yang kita lakukan adalah mendisablenya dengan mengeset nilainya menjadi NOL.

2. Membuat Internet Explorer (IE) secepat Firefox

Banyak yang bilang IE memang browser yang paling payah, lemot, dan tidak stabil, tapi kalau menurut saya sih itu tergantung IE nya versi keberapa, kalau yang versi lama memang agak lemot. Tapi ternyata ada trik untuk sedikit men-tune-up IE sobat hingga kecepatannya bisa setara dengan Firefox. Caranya :

  • Klik start >> run
  • ketik regedit >> enter
  • Carilah folder HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\Curre ntVersion\InternetSettings
  • Klik kanan pada jendela sebelah kanan pilih >> New >> DWORD
  • Ketik MaxConnectionsPerServer >> beri nilai terserah sobat (semakin tinggi nilai yang sobat buat, semakin bagus kecepatannya, eg : 99)
  • Buat string DWORD baru lagi dengan cara yang sama >> ketik MaxConnectionsPer1_0Server
  • Lalu beri nilai yang tinggi seperti di atas
  • restart IE..
Selesai..

3. Mempercepat browsing dengan DNS cache

Buka notepad dan copy paste kode di bawah ini :

[HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetServic es|DnscacheParameters]“CacheHashTableBucketSize”=dword:00000001“CacheHashTableSize”=dword:00000180“MaxCacheEntryTtILimit”=dword:0000fa00“MaxSOACacheEntryTtILimit”=dword:0000012d

Simpan dengan nama dnscache.reg
Double click file ini di windows explorer, tekan “yes”.

4. copy paste kode di bawah ini ke dalam notepad. Simpan dengan nama “cepat.reg”

REGEDIT4[HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetServicesT cpipParameters]“SackOpts”=dword:00000001“TcpWindowSize”=dword:0005ae4c“Tcp1323Opts”=dword:00000003“DefaultTTL”=dword:00000040“EnablePMTUBHDetect”=dword:00000000“EnablePMTUDiscovery”=dword:00000001“GlobalMaxTcpWindowSize”=dword:0005ae4c

5. Mempercepat Koneksi Internet bagi pengguna koneksi LAN

Berikut ini cara untuk mempercepat koneksi LAN :

  • Buka registry editor (start >> run >> ketik regedit)
  • masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\Curr entVersion\Explorer\RemoteComputer\NameSpace dan DELETE key {D6277990-4C6A-11CF-8D87-00AA0060F5BF)
  • Tutup registry editor dan restart windows.


6. Bagi pengguna koneksi internet dengan Broadband/DSL cobalah trik berikut ini

Buka registry editor dan masuk ke :

HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetServicesT cpipParameters

Buat string DWORD baru, dengan cara mengklik ‘Edit >> New >> DWORD Value’ dan buat nama-nama value dibawah ini :

DefaultTTL = “80? hex (atau 128 decimal) .EnablePMTUBHDetect = “0?EnablePMTUDiscovery = “1?GlobalMaxTcpWindowSize = “7FFF” hex (or 32767 decimal)TcpMaxDupAcks = “2?SackOpts = “1?Tcp1323Opts = “1?TcpWindowSize = “7FFF” hex (or 32767 decimal)


tutup registry dan restart computer.

7. Ganti ke Provider yang lain

Kalau semua cara diatas sudah sobat lakukan dengan benar, dan koneksi internet sobat tetep lambat bin ngeselin, atau malah nggak konek sama sekali. mungkin sudah saatnya sobat ganti aja ke provider lain, yang lebih baik kalau bisa yang ada garansinya, hihi.


Demikian artikel singkat ini, semoga bisa membantu sobat sekalian dalam mempercepat koneksi internet yang lambat.

Referensi

3 komentar

terimakasih informasinya,, saya akan coba praktekan..

Reply

mantab gan.. senang bisa berkunjung kesini, semoga bermanfaat .salam kenal, kunjungan baliknya ditunggu
www.sarimaduutama.web.id
www.globalmandirisejahtera.web.id

Info: Kami Pusat pabrik susu kambing etawa bubuk organik berkualitas, ( Supplier terbesar dan terperaya di indonesia ) Peluang usaha bagi anda yang memiliki bakat didunia Bisnis marketing untuk menjadi mitra distributor susu kambing etawa di kota anda,

Reply

Untuk mempercepat koneksi internet dengan hp android biasa apa bisa di upgrade jaringannya ke 4G.. Jika bisa menggunakan aplikasi apa yah...

Reply

Post a Comment

Terimakasih telah membaca artikel di Blog ini. Silahkan komentar untuk membuat Blog ini lebih sempurna. Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan baku dan jangan melakukan spamming! ^_^