Fakta Fakta Unik Seputar Doraemon

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh...

Fakta Fakta Unik Seputar Doraemon

Zazuli's Blog - Tadi saya sempet mampir disalah satu forum, dan lihat-lihat Thread-nya, eh malah nemuin thread tentang 12 Fakta Unik Seputar Doraemon, langsung aja saya putuskan untuk posting aja di blog, hehe. Siapa sih yg nggak kenal Doraemon? Tokoh robot kucing yg lucu & menggemaskan ini memang sudah jadi sebuah sosok “Lintas Generasi” dan banyak dikenal orang. Hampir Semua anggota keluarga saya saya baik yang muda sampai yang tua pasti kenal dengan Doraemon.

Saya sebagai penggemar Doraemon selama ini mengira saya sudah tahu hampir segala hal mengenai Doraemon! Tapi ternyata tidak. Ternyata ada beberapa fakta dari doraemon yang tidak saya ketahui sama sekali. Mungkin ada diantara sobat juga yang belum mengetahui fakta fakta doraemon,.

Berikut adalah fakta unik dari film Kartun Doraemon yang saya dapatkan dari forum EOC.

1. Apakah arti nama “Doraemon”?

Nama Doraemon sebenarnya diciptakan dari 2 patah kata: Dora & Emon. Dora adalah semacam plesetan dari “Nora” yg berasal dari “Nora-Neko” yakni stray cat. Emon adalah semacam kata tambahan tradisional untuk nama dari manusia atau binatang yg berjenis kelamin laki-laki, misalnya Ishikawa Goemon.

Secara harfiah, nama Doraemon bisa diartikan “Stray male cat” (kucing liar jantan)
Dora sebenarnya bisa juga berarti “gong” (inilah “dora” yg dipakai dalam nama kue dorayaki). Meski bukan itu “dora” yg dipakai di nama Doraemon... namun ini menjadi semacam plesetan, di mana tubuh Doraemon memang bundar-bundar seperti gong.


2. Apa kode produksi dari Doraemon?

Ternyata Doraemon memiliki kode produksi, yakni MS-903. Ini adalah nama asli Doraemon sebagai robot, & dengan nama inilah ia dipanggil oleh sang pemilik pabrik robot di mana ia diproduksi. Nama ini disebutkan dalam episode ulang tahun Doraemon tahun 2007.


3. Kapan Doraemon Selesai Diproduksi ?

Tepatnya pada tanggal 3 September 2112 inilah tanggal di mana Doraemon selesai diproduksi.

4. Apa angka keberuntungan dari Doraemon?

Angka keberuntungan Doraemon adalah "1293".
Karena:
Doraemon memiliki berat 129,3 kg (285 lbs) & tingginya 129,3 cm (4’3 “). Ia bisa berlari sampai 129,3 km / jam (80,3 mph) ketika ketakutan & melompat 129,3 cm (424,2 kaki) ketika terancam bahaya. Kekuatan maksimumnya 129,3 bhp. Lingkar pergelangan tangannya 129,3 mm. lingkar kepalanya & lingkar daya adalah 129,3 cm. Kakinya berdiameter 129,3 mm. Ia diproduksi pada September 3, 2112 (lagi-lagi 12/9/3), di Pabrik Robot Matsushiba.


5. Siapa mantan pacar Doraemon di abad 22?

Ternyata Doraemon memiliki pacar pada abad 22, dan namanya adalah Noramyako. Ia disebutkan di Bonus Data-Data Doraemon di Tankoubon volume 11. Noramyako memutuskan Doraemon gara-gara Doraemon dirasa terlalu pendek untuknya (setelah kupingnya putus digigit tikus).

6. Apa warna asli Doraemon?

Sebenarnya warna cat asli Doraemon adalah kuning. Setelah tahu bahwa telinganya digigit tikus, ia dalam keadaan depresi, menyelinap ke atas menara, di mana ia minum ramuan berlabel “kesedihan”. Ketika ia menangis, warna kuningnya luntur & suaranya berubah karena ramuan tersebut. Doraemon pandai berbahasa Inggris, karena paham istilah bahasa Inggris “In Blue” yg artinya “sedang sedih”.

7. Apakah Doraemon Sekolah ?

Ya. Menurut serial spin-off dari Doraemon “The Doraemons”, nama sekolah dari Doraemon sederhana saja, yakni Robot School.

8. Siapa Nama Gurunya Nobita yang sering marah marahi nobita ?

Tokoh Pak Guru yang sangat ditakuti oleh Nobita ini memang sebenarnya dari awal tidak mempunyai nama & hanya disebut Sensei aja. Namun, pada versi yang diputar di Nihon Television, ia diberi nama asli “Ganari”.

9. Kenapa Doraemon dan Dorami Dikatakan Saudara ?

Ini menjadi misteri yang menarik...mengapa Doraemon dan Dorami disebut sebagai kakak beradik?

Ternyata, karena mereka berdua “dilahirkan” dari satu tangki minyak yang sama...dan “Doraemon” lahir lebih dahulu dari Dorami (2 tahun lebih tua), sehingga ia disebut “kakak”, kemudian Dorami juga disewa oleh keluarga Sewashi setelah Doraemon, sehingga ia disebut “adik.”


10. Kenapa Dorami Lebih Hebat daripada Doraemon ?

Menurut data, Dorami memang lebih hebat dari Doraemon... Dorami mampu menghasilkan energi sebesar 10000 tenaga kuda, silahkan bandingkan dengan Doraemon yang hanya bisa mengeluarkan sebesar 129.3 tenaga kuda (angka hokinya Doraemon).

11. Asal Mula Munculnya Dorami dalam Kehidupan Nobita ?

Dorami sebenarnya tidak langsung muncul dalam keluarga Nobita, namun di keluarga cicit-cicitnya Nobita di abad 22 yakni Sewashi. Dorami dibeli untuk menggantikan Doraemon, yang dikirim untuk menemani Nobita. Yang memiliki Dorami adalah Sewashi dan yang mengirim Dorami (dan Doraemon) juga Sewashi. Dorami biasanya dikirim untuk menggantikan tugas Doraemon menjaga Nobita apabila Doraemon sedang dalam urusan penting sehingga ia tidak bisa menemani Nobita, misalnya saat ia harus di-tune up di pabrik.

12. Kenapa Doraemon Takut Sama Tikus ?

Doraemon takut sama tikus karena trauma sebab kuping robotnya digerigiti robot tikus saat ia tidur siang, tapi saya yakin bukan ini jawaban yang sebenarnya. Ehmm,, mengapa  Doraemon ”harus” takut sama tikus? Jawabannya mungkin agak tidak bermutu ya dan sama sekali BUKAN fakta, hanya sekedar opini saja: Ya yang jelas karena Fujiko Fujio(Pengarang Doraemon) maunya begitu.

Was I joking? No, seriously! Fujiko dan Fujio memang terkenal dengan imajinasi mereka yang tinggi bahkan pada karya-karya mereka selain Doraemon. Mereka gemar menciptakan unsur-unsur humor segar yang bahkan belum pernah dikemukakan di zaman itu. Anggaplah mereka ini JK Rowling-nya Jepang di zaman baheula. 
Dengan dasar pikiran begitu... Saya hanya menebak-nebak bahwa duo Fujiko Fujio tahu, bahwa dengan menciptakan reversed hunting (tikus menakuti kucing, kucing menakuti anjing, manusia menakuti hantu) sebagai running gag di Doraemon… maka akan menambah unsur komedi yang ajeg di serial ini, sekaligus mempertinggi kesan bahwa Doraemon adalah robot yang “adorable” dan tidak berbahaya bagi manusia sebab ia toh takut dengan hanya….tikus, mangsa alaminya.


Itulah tadi beberapa fakta unik seputar doraemon yang dapat saya bagikan hari ini. Semoga menambah wawasan kita tentang Doraemon, ya walaupun hanya sekedar manga, tapi menurut saya ada banyak manfaat dan nilai yang bisa diambil darinya.

Semoga Bermanfaat

1 komentar:

Butuh Bandar Online terpercaya ?
Yuk join aja menjadi member Di TogelPelangi

Menyediakan permainan ;
Togel
Live dd48red blue

serta memberikan prediksi terakurat

DISKON Pemasangan :
4D ; 66%
3D : 59%
2D : 29%

Support 4 Bank terbaik :
BCA
MANDIRI
BNI
BRI

Hot Promosi Jackpot Super Lucky
Promo New Member
Komisi Referal 1%

Daftar sekarang bos : www.togelpelangi.com/daftar

Info dan contact :

BBM D8E23B5C
LINE togelpelangi
No telp.dan W.a +85581569708

Silahkan bos



Reply

Post a Comment

Terimakasih telah membaca artikel di Blog ini. Silahkan komentar untuk membuat Blog ini lebih sempurna. Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan baku dan jangan melakukan spamming! ^_^