Pengertian Substring Dalam Java dan Contoh Programnya

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh...


 Substring pada Java


Zazuli's Blog - Selamat sore sobat pembaca, kali ini saya akan coba share tentang Contoh Penggunaan Substring Pada java. Fungsi substring dalam java digunakan untuk mengambil data String tertentu sesuai dengan indeksnya atau urutan data yang akan dicari. Seperti pada array, Indeks pada Substring dimulai dari nol (0).


Untuk lebih jelasnya coba sobat perhatikan Source Code Java Berikut ini :
class contohSubstring {

	public static void main (String [] Aziz) {
	String nama="", nim="", jurusan="";

	System.out.print("nMasukkan Nimt: ");
	nim=System.console().readLine();
	jurusan=nim.substring(3,5);

	if(Integer.parseInt(jurusan) == 11 ) {
		jurusan="S1 Teknik Informatika";
	} else if (Integer.parseInt(jurusan) == 12 ){
		jurusan="S1 Sistem Informasi";
	} else if (Integer.parseInt(jurusan) == 01 ) {
		jurusan="D3 Sistem Informasi";
	} else if (Integer.parseInt(jurusan) == 02 ) {
		jurusan="D3 Manajemen Informatika";
	} else jurusan = "Tidak ada jurusan";

	System.out.print("Masukkan Namat: ");
	nama=System.console().readLine();

	System.out.print("n============================");
	System.out.print("nnNim Andat: "+nim);
	System.out.print("nNama Andat: "+nama);
	System.out.print("nJurusan Andat: "+jurusan);
	System.out.print("nAngkatan Andat: 20"+nim.substring(0,2));
	
	}

}



Simpan source code program diatas dengan dengan nama "contohSubstring.java" lalu Compile dan jalankan pada Command Prompt.

Misal kita masukkan Nim nya : 12.11.6559, lalu Nama nya : Abdul Aziz Zazuli
Maka Outputnya akan seperti berikut


Contoh Substring pada Java

Penjelasan Jalannya program Diatas :
  • Untuk Nim Diatas menggunakan nomor dengan format xx.yy.zzzz, dimana xx adalah kode tahun  angkatan, kode yy adalah untuk kode Jurusan, dan zzzz adalah untuk nomor urut dari mahasiswa.
  • Pada saat Nim dimasukkan 12.11.6559 maka program akan mengeluarkan Tahun Angkatan 2012 karena pada xx dimasukkan angka 12 yang merupakan kode tahun 2012, selanjutnya untuk jurusan, program akan mengeluarkan Jurusan "S1 teknik informatika" yang kodenya adalah 11.
  • Code ini " jurusan=nim.substring(3,5); " maksudnya adalah mengambil data pada indeks 3 sampai data sebelum indeks 5 dari variabel nim dan disimpan pada variabel baru, yaitu jurusan. Pada Variabel nim diatas diisikan data "12.11.6559". Jadi, seperti inilah data disimpan pada indeks,, --> (indeks 0 = 1), (indeks 1 = 2), (indeks 2 = .), (indeks 3 = 1), (indeks 4 = 1), (indeks 5 = .), (indeks 6 = 6), (indeks 7 = 5), (indeks 8 = 5), dan  (indeks 9 = 9). Terlihat Pada indeks ke 3 disimpan data 1, dan pada indeks sebelum 5 atau sama dengan indeks ke 4 disimpan data 1. jadi keseluruhan data yang diambil adalah 11.
  • Code ini " Integer.parseInt(jurusan) == 11 " digunakan untuk menconvert variabel jurusan menjadi Tipe Integer agar bisa dibandingkan dengan kode jurusan yang bertipe integer (11), Kenapa perlu di konvert? karena pada Jurusan bertipe String, dan jika tidak di convert maka akan muncul pesan error karena data yang akan di convert tidak compatible.
  • Untuk Perulangan tidak perlu saya jelaskan,. Karena bukan itu yang dibahas.
Gimana? sudah paham? kalau belum coba contoh yang lain adalah seperti pada program berikut:
public class Substring {

 public static void main (String [] Aziz){

 String data = "Mencoba String Pada Java";
 String sub = data.substring(8);
 String sub2=data.substring(8,14);

 System.out.println(data);
 System.out.println(sub);
 System.out.print(sub2);
 
 }
 
}
Simpan Source Code Program diatas dengan nama "Substring.java" dan jalankan. Program diatas akan mengeluarkan Output seperti berikut ini:


Contoh Substring pada Java
Mencoba String Pada Java
String Pada Java
String

Penjelasan :
  • Pada  Code "String sub = data.substring(8);" ini, akan diambil data yang ada pada indeks ke delapan sampai akhir data, pada indeks ke 8 terdapat karakter "S" dalam kalimat "String", maka data akan diambil dari "S" sampai akhir, dan dimasukkan ke "Objek" String Sub. Maka Outputnya yaitu: "String Pada Java".
  • Dan pada code "String sub2 =data.substring(8,14);" data akan diambil pada indeks ke 8 sampai data sebelum indeks 14, dan disimpan pada "Objek" String sub2. Serta menghasilkan output "String" saja.
Demikian lah tadi penjelasan singkat yang bisa saya share tentang contoh penggunaan substring pada java beserta pengertiannya, jika ada kesalahan dalam penulisan artikel ini atau salah pengartian, mohon dimaklumi karena saya juga masih dalam proses belajar. Semoga Bermanfaat.

2 komentar

Post a Comment

Terimakasih telah membaca artikel di Blog ini. Silahkan komentar untuk membuat Blog ini lebih sempurna. Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan baku dan jangan melakukan spamming! ^_^