Tips dan Cara Ampuh Mengatasi Insomnia

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh...

Zazuli's Blog -Selamat malam sobat pembaca, adakah yang belum tidur ?. malam ini saya akan sedikit share dan share sedikit, hehe. Pernahkah sobat mengalami Insomnia ?, saya yakin pasti ada sebagian yang pernah mengalaminya, saat ini saya sedang mengalami insomnia alias susah tidur. Tadi saya sempet googling, dan ternyata banyak banget cara-cara untuk mengatasinya, daripada nganggur pas nunggu tidur, mending ngeblog sama share artikel ini, itung-itung sekalian menuhin postingan di Blog yang nggak terurus ini.

Well, Insomnia merupakan gejala kelainan tidur berupa sulit tidur atau mempertahankan waktu tidur. Biasanya, gejala tersebut juga disertai gangguan fungsional anggota tubuh kita ketika bangun tidur.

Penyebab insomnia sering dikaitkan dengan suatu penyakit atau masalah psikologis. Salah satu terapi psikologis yang mampu mengatasi insomnia yaitu terapi kognitif. Pada terapi tersebut, pasien akan diberitahu agar memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan suatu asumsi yang bersifat kontra-produktif mengenai tidur.

Penderita insomnia bisa saja menggunakan obat tidur atau zat penenang lainnya agar bisa tidur. Namun, obat ini dapat menimbulkan ketergantungan psikologis berupa anggapan bahwa agar bisa tidur, diperlukan obat tersebut.

Insomnia bukanlah merupakan penyakit, nah perlu dicatat ni, namun hanyalah suatu gejala yang disebabkan oleh berbagai hal, seperti pemakaian obat-obatan, kelainan fisik dan kelainan emosional. Insomnia dapat terjadi baik pada usia lanjut mau pun usia muda. Insomnia seringkali timbul bersamaan dengan gangguan emosional, seperti depresi, kegelisahan, ketakutan, atau kecemasan. Seseorang juga bisa sulit tidur karena otak atau badannya tidak lelah.

Tips dan Cara Ampuh Mengatasi Insomnia


Ada orang yang secara normal dapat tidur, namun beberapa jam kemudian terbangun dan sulit untuk bisa tidur kembali. Orang yang terganggu pola tidurnya bisa mengalami irama tidur yang terbalik, yaitu bangun bukan pada waktunya tidur dan tidur bukan pada saatnya tidur.. Berikut Tips untuk mengatasi insomnia.

Tips menghilangkan insomnia

  1. Jangan memaksakan diri. Tidurlah saat  sudah mengantuk. Jika belum, hindari  memaksakan diri untuk terlelap.
  2. Tidur cukup. Tidak kurang dan tidak lebih. Kurang tidur maupun terlalu banyak tidur sama-sama membuat tubuh kurang bertenaga di pagi hari.
  3. Jadikan kebiasaan. Cobalah untuk bangun di jam yang sama setiap harinya, termasuk di akhir pekan.
  4. Rutin berolahraga. Aerobik 4-6 jam sebelum tidur mampu melancarkan peredaran darah dan membuat tidur lebih nyenyak. Berolahragalah hanya pada 4-6 jam sebelum tidur. Lebih dari itu, tidak akan berpengaruh pada kualitas tidur, sedangkan olahraga di bawah 4 jam sebelum tidur dapat menyebabkan susah tidur karena suhu tubuh masih terasa panas.
  5. Jangan Mengopi. Hindari produk berkafein 6 jam sebelum tidur. Perlu diingat, kafein tak hanya terkandung dalam kopi, tapi juga teh, cola, cokelat, dan rokok.
  6. Tidur di ruangan bersuhu dingin. Sebaliknya, ruangan bersuhu hangat dapat menyebabkan sulit tidur karena tubuh menjadi gelisah menahan gerah.
  7. Ngemil tengah malam. Rasa lapar dapat mengganggu tidur. Ngemil makanan ringan menjelang tidur, boleh-boleh saja. Asalkan tidak makan dengan porsi besar. Makan besar sebelum tidur dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan.
  8. Hindari ketergantungan pada obat tidur. Terlalu sering mengonsumsi obat tidur dapat membuat ketergantungan. Lama-kelamaan khasiatnya justru tidak akan terasa.
  9. Hindari tidur siang. Tidur di siang hari membuat kita sulit untuk mengantuk di malam harinya. Bangkit dari tempat tidur. Jika sobat sulit tidur, hindari berlama-lama berbaring di tempat tidur. Bangunlah dan lakukan sesuatu yang dapat membuat tubuh menjadi rileks, hingga akhirnya siap untuk tidur.

Demikianlah Tips yang bisa saya bagikan untuk sobat pembaca, semoga bermanfaat dan insomnia nya dapat teratasi, sekian dari saya maaf kalau ada kesalahan dalam penulisan.

Berbagai Sumber 

13 komentar

Makasih banyak ya mas tips mengatasi insomianya

Reply

Saya sering berkunjung di blog-blog, postingan tentang tips dan cara ampuh mengatsi insomnia... ini sangat menarik serta enak dibaca. Saya berharap bisa berkunjung lagi

Reply

patut dicoba juga beberapa tips diatas, terima kasih atas tips tips diatas

Reply

Saya senang bisa membaca berita di website ini, saya akan sering berkunjung dan saya harap anda bisa mengunjungi website saya juga, terima kasih

Reply

Saya senang bisa membaca berita di website ini, saya akan sering berkunjung dan saya harap anda bisa mengunjungi website saya juga, terima kasih

Reply

Terimakasih telah berbagi tipsnya, semoga ini bermanfaat bagi kita semua. Dengan keseringan saya berkunjung ke blog sahabat ini saya berharap sahabat juga mau berkunjung balik ke blog saya. Salam hangat untuk admin

Reply

makasih banyak tipnya, bermanfaat

Reply

H5
Terima kasih tips nya

Reply

Tidur siang dalam durasi lama memang membuat malamnya tidak bisa tidur. jadi lebih baik hindari ngantuk disiang hari. walau mngkin susah.

Reply

Informasinya menarik banget. :D
Penyakit yang menyebalkan. :D

Reply

iya menyebalkan.

tapi sekarang tidak...semenjak saya minum obat dan beli matras dari dokter yusuf di aceh...saya tinggal di palembang...

Reply

kalau punya maslah insomnia coba hub dr yusuf
085361675232
semoga br manfaat bagi kita semua

Reply

Trimakasih untuk mbak siti afsha atas rekomendasi no hp bpk yusuf...alhamdulillah saya sekarang sudah sembuh dari penyKit imsomia saya dan saya sudah bisa tidur nyennyak...tubuh saya sudah sehat sekarang

Reply

Post a Comment

Terimakasih telah membaca artikel di Blog ini. Silahkan komentar untuk membuat Blog ini lebih sempurna. Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan baku dan jangan melakukan spamming! ^_^