Ngantuk Saat Jum'atan? ini Solusinya

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh...


tips agak tidak ngantuk ketika jumatan
Zazuli's Blog -  Selamat pagi/ siang/ sore/ ataupun malam dimanapun temen2 berada. Piye kabare le? penak jamanku to? hehe. Semoga selalu dalam perlindungan Allah SWT. Alhamdulillah, saya sudah bisa posting lagi pada blog yang udah hampir kadaluarsa ini, setelah hampir 7 bulan blog ini saya tinggalkan, karena memang sedang males ngurusnya, disamping banyak kerjaan juga yang sedikit lebih penting daripada cuma ngeblog :)

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi tips untuk temen temen, khususnya yang ikhwan, supaya tidak mengantuk ketika sendang mendengarkan khutbah jum'at. Ya memang tidak bisa dipungkiri kalo mengantuk itu merupakan sifat alami manusia, tapi kalo mengantuk disaat yang tidak pas kan bisa mengganggu juga, apalagi saat sedang jum'atan, pas saat khotib sedang diatas mimbar nyampein kutbahnya, kan bisa sia-sia jum'at kita, karena gak merhatiin. Nah, tadi siang, pas ketika sedang mendengarkan kutbah, saya pun merasakan kantuk yang luar biasa, mata ini rasanya berat banget, dan anehnya ketika sholat selesai, kantuk itupun hilang seketika, kalo ini pasti godaan syaitan.

Sepulang dari jum'atan pun saya langsung searching2 apa sih yg nyebab in kita bisa ngantuk, sekalian gimana cara mengatasinya,
  • Yang pertama adalah biasakan mandi sebelum sholat jum'at, dengan mandi maka badan kita akan menjadi segar kembali yang semula loyo, lesu, lemas, Insha Allah bisa hilang karena semangat kita seperti di charge kembali. Tapi gimana dengan yang jum'atannya dikantor atau yang dikampus? masak harus mandi juga?, kan gak sempat, ehmm kalo yg ini coba tips alternatif lain.
  • Yang kedua berdo'alah ketika keluar rumah ketika akan pergi kemasjid, Insha Allah dengan berdo'a maka kita terhindar dari godaan syaitan. Karena ngantuk ketika kutbah jum'at itu pasti ada campur tangan syaitan.
  • Jangan makan kecuali sesudah sholat jum'at, karena dengan makan  sebelum sholat akan menyebabkan kita semakin cepat ngantuk, kalau paginya harus sarapan, sarapan yang cukup saja, jangan sampai kekenyangan.
  • Jangan melakukan olahraga pagi yang berat/ menyita tenaga, karena dengan berolahraga biasanya badan kita akan terasa lelah dan menurunkan tingkat konsentrasi kita dalam menyimak kutbah, nah ini pas banget buat syaitan untuk menggoda supaya kita mengantuk.
  • Fokuslah pada materi kutbah jum'at, catat semua yang disampaikan kedalam ingatan kita baik2,. dengan fokus pada satu hal maka rasa kantuk akan hilang
  • Cari tempat duduk yang strategis, yang khotibnya kelihatan, jadi kita bisa memandang dan memperhatikan khotib yang sedang menyampaikan khutbah
  • Biasakan sholat sunnah sebelum dan setelah sholat jum'at, ini juga bisa menyempurnakan ibadah kita.
  • Hindari hal hal yang dapat membuat kantuk, seperti menunduk, duduk bersandar di dinding dan lain lain.
  • Yang terakhir, mungkin yang agak sedikit ekstrim. cari tempat duduk yang terkena sinar matahari langsung, karena dengan begitu kita tidak akan sempat mikirin rasa kantuk karena sibuk kipas kipas karena kepanasan, hehe.
Nah itulah beberapa tips supaya kita tidak mengantuk saat khutbah jum'at, ingat syaitan akan selalu meggoda manusia dari arah manapun, dengan cara apapun agar kita umat manusia mau mengikutinya, maka berhati hatilah jangan sampai kita kalah dengan syaitan, semoga Allah selalu senantiasa melindungi kita dari godaan syaitan.
:)

Post a Comment

Terimakasih telah membaca artikel di Blog ini. Silahkan komentar untuk membuat Blog ini lebih sempurna. Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan baku dan jangan melakukan spamming! ^_^